Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Untuk Partai Tunggal
Bulu Tangkis

Peraturan Bulu Tangkis

Bulu tangkis sejak dulu memang sangat menarik perhatian dari para masyarakat Indonesia.

Disetiap ada kompetisi bulu tangkis antar negara dimanapun pasti ada suporter dari Indonesia yang siap mendukung para atlet negara ini.

Dengan dukungan yang hebat, prestasi atlet bulu tangkis Indonesia juga sangatlah membanggakan.

Kejuaraan dunia sudah beberapa kali kita menangkan, bahkan beberapa atlet menjadi pemain nomer satu sedunia di partainya masing-masing.

Dengan gelaran kompetisi yang hebat membuat para atlet Indonesia dan negara lainnya juga nyaman dalam bertanding.

Keberhasilan bulu tangkis dunia memang tidak luput dari peraturan-peraturan hebat yang diterapkan oleh BWF atau Badminton World Federation.

Peraturan Permainan Bulu Tangkis Terbaru

Peraturan Tempat Bulu Tangkis

Peraturan Tempat Bulu Tangkis
https://en.wikipedia.org/wiki/Badminton

Meski jarang kita sadari karena terlalu fokus dalam permainannya, tempat bulu tangkis juga memiliki peraturan-peraturan tertentu agar layak digunakan untuk kompetisi.

Peraturan Lapangan

Untuk ukuran lapangan bulu tangkis masih sesuai dengan aturan dari Badminton World Federation atau biasa disingkat BWF, entah itu nasional maupun internasional tetap sama.

Bentuk lapangan bulu tangkis adalah segi empat atau bisa juga disebut persegi panjang, untuk ukuran lapangannya panjang 13.40 lebar 5.18 meter.

Terdapat tebal garis-garis lapangan yang sudah sesuai dengan aturan BWF dengan ukuran 40 milimeter berwarna kontras dibandingkan lapangannya, biasanya berwarna putih.

Untuk permukaan lapangannya tidak dianjurkan dari bahan sintetis keras maupun beton karena dapat melukai atlet, lapangan yang baik permukaannya terbuat dari kayu atau sintetis lunak.

Peraturan Tiang Net

Dalam lapangan bulu tangkis untuk membuat jaring atau net tetap ketat maka butuh tiang, 2 tiang dibutuhkan dan ditaruh ke batas garis samping lapangan kanan dan kiri.

Untuk tinggi tiang tersebut sesuai dengan aturan adalah 155 centimeter dari lantai lapangan.

Peraturan Jaring Net

Untuk net bulu tangkis mempunyai lebar 76 centimeter yang harus dikaitkan dengan tiang net agar terbentang.

Agar net terbentang erat maka diberi pita putih dengan lebar 7,6 centimeter dan dilipat menjadi dua, nantinya pita tersebut diberi kawat ataupun tali yang ditarik.

Tidak hanya itu, net harus terbuat dari tali halus yang disamak dan dijala dengan jarak 1,6 centimeter sampai 2 centimeter.

Perlu diperhatikan bahwa ujung atas net harus berada di 152 centimeter dari lantai pada pertengahan lapangan dan juga 155 centimeter dari lantai hingga kedua tiang net.

Peraturan Penilaian Bulu Tangkis

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Untuk Partai Tunggal
https://www.pexels.com/

Disetiap pertandingan akan ada 2 set untuk menentukan siapakah yang akan menjadi pemenang.

Disetiap set terdiri dari 21 angka, namun semisal kedua belah pihak mendapatkan point yang sama yaitu 20-20 maka harus selisih 2 point untuk menjadi pemenang.

Namun jika keadaan imbang berlangsung hingga 29-29 maka yang mendapatkan point 30 pertama akan dijadikan pemenang dalam set yang cukup panjang itu.

Namun jika 2 set belum juga menemukan siapakah yang akan menjadi pemenang, maka ada set ketiga untuk menemukan pemenangnya.

Peraturan Wasit Bulu Tangkis

Peraturan Wasit
https://badmintonindonesia.org/

Permainan bulu tangkis diawasi ketat dengan beberapa wasit di setiap pertandingan.

Wasit utama bertugas untuk mengawasi jalannya pertandingan sedangkan wasit pembantu bertugas untuk menilai datangnya bola keluar atau masuk area lapangan.

Ada juga wasit yang menilai kesalahan ketika servis dan memberikan shuttlecock kepada atlet yang bermain.

Peraturan Shuttlecock

Peraturan Shuttlecock
https://www.wikiwand.com/en/Shuttlecock

Shuttlecock dalam permainan bulu tangkis juga memiliki aturan agar layak pakai, inilah beberapa aturan shuttlecock yang layak untuk digunakan:

  1. Shuttlecock mempunyai berat 4,8 hingga 5,6 centimeter
  2. Shuttlecock harus mempunyai bulu 14 hingga 16 helai yang melekat di kepala dari gabus dengan diameter 2,5 hingga 2,9 centimeter
  3. Bulu-bulu akan terseber menjauhi gabus dan berdiameter 5,5 hingga 6,3 centimeter di bagian ujung bawah

Apabila atmosfer tidak sesuai dengan shuttlecock standar maka shuttlecock boleh dimodifikasi.

Peraturan Servis

Peraturan Servis
https://images.pexels.com/

Dalam melakukan servis tentu saja tidak sembarangan.

Ketika awal memulai atau point skor menunjukkan angka 0, servis dilakukan pada bagian kanan.

Jika point skor menunjukkan angka genap, pemain atau atlet akan melakukan servis pada bagian kanan.

Namun jika point skor menunjukkan angka ganjil, maka pemain akan melakukan servis pada bagian kiri.

Peraturan Bulu Tangkis Partai Tunggal

Peraturan Bulu Tangkis Partai Tunggal
https://3.bp.blogspot.com/

Pada partai tunggal bulu tangkis, lapangan yang digunakan hanya sebatas lapangan yang berwarna hijau pada gambar diatas.

Jika menaruh bola lebih dari area lapangan yang berwarna hijau pada gambar maka bola akan dianggap keluar dan menguntungkan tim lawan.

Peraturan Bulu Tangkis Partai Ganda

Peraturan Bulu Tangkis Partai Ganda
https://3.bp.blogspot.com/

Pada partai ganda permainan bulu tangkis, lapangan yang digunakan adalah keseluruhan.

Pada partai ganda ketika melakukan servis, bola akan diservis secara bergantian oleh kedua pemain dalam satu timnya.

Apabila bola dianggap masuk dan mendapatkan point, maka yang melakukan servis selanjutnya masih sama dengan servis sebelumnya.

Namun jika bola menjadi point bagi lawan, maka yang melakukan servis nantinya akan diganti dengan pemain satunya lagi.

Perlengkapan Bulu Tangkis

Perlengkapan Bulu Tangkis
http://www.chinadaily.com.cn/a/201908/22/WS5d5deb5ba310cf3e35567364.html

Raket

Untuk bermain bulu tangkis atau badminton tentunya kamu harus mempunyai raket, untuk harga raket cukup beragam ada yang murah ada yang mahal, harga juga menentukan kualitasnya.

Jika dahulu raket terbuat dari kayu, kini sudah banyak raket yang terbuat dari logam ringan atau aluminium.

Bahkan sekarang bulu tangkis profesional sudah banyak yang menggunakan raket dengan bahan komposisi komposit beserta karbon atau biasa disebut plastik bertulang grafit.

Memilih bahan tersebut tentunya bukan tanpa alasan, serat karbon ternyata memiliki kekuatan yang sangat bagus terhadap perbandingan kaku, berat dan memberi perpindahan energi kinetik.

Meski begitu masih banyak juga raket yang menggunakan aluminium atau baja untuk sebagian atau keseluruhan komposisi dari raket.

Senar Raket

Jika sudah memiliki raket tentunya kamu harus memiliki senar raket, jangan sembarangan dalam memilih senar raket karena dapat mempengaruhi kinerja dan keawetannya.

Biasanya senar yang bagus memiliki tebal 21 dan diuntai dengan keeratan 18 hingga 30 lebih lb.

Sepatu

Untuk sepatu dalam bulu tangkis sangatlah penting, selain untuk memanjakan kita dengan sepatu yang bagus juga dapat menghindari atlet dari cedera.

Ditambah lagi dalam bulu tangkis memerlukan cengkraman yang bagus sehingga sepatu dengan sol karet sangat direkomendasikan.

Seragam

Untuk seragam pemain bulu tangkis diperbolehkan menggunakan seragam senyamannya asal masih mengikuti aturan yang berlaku.

Peraturan Sistem Reli Point

Peraturan Sistem Reli Point
https://www.athens2020.org/disciplines/badminton

Untuk peraturan dalam sistem reli point yaitu setiap tim atau pasangan hanya melakukan satu kali servis, dan yang melakukan servis sesuai dengan raihan point pasangan atau tim tersebut.

Apabila point masih sama, maka servis tetap dilakukan oleh pemain yang sesuai dengan raihan point tim atau pasangan tersebut.

Kesalahan Yang Sering Dilakukan

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Untuk Partai Ganda
inibaru.id

Meski dalam kompetisi internasional sekalipun banyak juga atlet dari berbagai macam negara yang melakukan kesalahan.

Kesalahan yang sering dilakukan biasanya saat melakukan servis shuttlecock jatuh di bidang yang salah, hal itu dianggap pelanggaran dan memberikan point bagi lawan.

Kesalahan yang sering terjadi juga pemain menyentuh net atau masuk dalam area lawan, biasanya lawan yang terbawa emosi akan melakukan hal tersebut tanpa sadar.

Selanjutnya adalah tergesa-gesa ketika melakukan servis, jika lawan mengangkat tangannya hal itu menandakan bahwa mereka belum siap, jika dilakukan servis maka harus diulangi.

Setelah belajar peraturan bulu tangkis, lebih baik pelajari mengenai teknik dasar bulu tangkis agar kamu makin memahami apa saja yang ada di bulu tangkis.


Nah, sekian penjelasan kami mengenai peraturan bulu tangkis, dengan ini kami mengharapkan kalian lebih mengenal dan mengerti tentang dunia bulu tangkis.

Silahkan berkomentar jika ada yang ingin ditanyakan, terima kasih.

You might also like

2 Replies to Peraturan Bulu Tangkis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *