Teknik Rebound dalam Bola Basket
Bola Basket

Rebound Adalah

Rebound adalah suatu istilah dalam permainan bola basket dimana ada pemain yang mengambil bola di udara ketika bola tidak berhasil masuk ke ring.

Jadi ketika bola tidak berhasil masuk ke ring dan akhirnya memantul maka pemain yang mengambil bola tersebut dianggap melakukan rebound.

Itulah yang dimaksud dengan rebound basket, arti atau pengertian rebound dalam bola basket penting untuk kamu ketahui.

Rebound Basket

Teknik Rebound dalam Bola Basket

Teknik Rebound dalam Bola Basket

Dalam permainan bola basket tentunya dalam tim kamu harus ada yang bisa diandalkan untuk melakukan rebound.

Melakukan teknik tersebut dengan bagus maka tim akan lebih banyak mendapatkan bola dan bisa mencetak lebih banyak point.

Biasanya pemain yang diandalkan untuk rebound memiliki badan yang besar dan tinggi, hal itu akan membuat dirinya lebih mudah melakukan rebound dibanding pemain lain.

teknik rebound dalam bola basket sangat penting, karena ketika bola tidak berhasil masuk ke ring basket maka bola akan memantul liar di udara.

Kesempatan untuk mengambil bola sama-sama besar dan oleh karena itu teknik rebound diandalkan agar pemain mampu menggapai dan menguasai bola liar tersebut.

Teknik Dasar Rebound Bola Basket

Rebound masuk dalam teknik dasar bola basket oleh karena itu penting untuk kamu tau cara melakukannya dengan baik dan benar.

Langkah-langkah melakukannya:

  1. Ketika ada pemain yang melakukan shooting ke arah ring awasi pergerakan bola
  2. Apabila bola tidak berhasil masuk maka bersiaplah untuk meloncat ke atas menggapainya
  3. Posisi badan harus siap beradu dengan pemain lawan dalam perebutan bola
  4. Lakukan loncatan setinggi mungkin agar bisa lebih cepat dalam menggapai bola
  5. Ketika bola sudah kamu kuasai maka ada beberapa pilihan, kamu bisa mengamankannya dengan  menarik bola ke area perut atau dada, atau bisa langsung passing maupun shooting

Tips Rebound dengan Baik

Teknik Dasar Rebound Bola Basket

Ada beberapa tips yang bagus untuk kamu gunakan dalam melakukan teknik tersebut mulai dari posisi, cara mengamankan bola hingga melakukan shooting maupun passing.

Penempatan Posisi

Ketika ada bola liar maka penempatan posisi sangat diandalkan ketika mau melakukan rebound, tentunya pemain yang lebih dekat dengan bola akan lebih mudah dalam menggapainya.

Oleh karena itu penting untuk kamu menempatkan posisi dengan baik, dan juga sebisa mungkin menutup pergerakan pemain lawan ketika sama-sama ingin melakukan rebound.

Jangan menutup pergerakan rekan tim kita sendiri, karena semakin banyak pemain yang melakukan rebound dalam satu tim maka peluang mendapatkan bola semakin besar.

Tubuh dalam Posisi Siap

Ketika bersiap melakukan rebound maka tubuh harus dalam posisi yang siap, kamu bisa merendahkan badan agar bisa melompat lebih tinggi.

Dengan badan sedikit direndahkan maka kuda-kuda kaki akan lebih kuat dan bisa untuk menghalau atau menahan pemain lawan yang ingin merebut bola.

Tekuk lutut agar badan sedikit rendah dan lebarkan tangan agar bisa menghalau lawan yang ingin masuk ke area keyhole atau paint area.

Ketika badan sudah dalam posisi siap maka fokus ke arah datangnya bola.

Menutup Pergerakan Pemain Lawan

Penting untuk kamu menutup pergerakan pemain lawan ketika ingin melakukan rebound, dengan menutup pergerakan pemain lawan maka lawan akan kesulitan menggapai bola.

Kamu bisa menutup pergerakannya dengan melebarkan tangan ketika posisi siap.

Dengan melebarkan tangan maka lawan tidak bisa masuk ke area pantulan bola dan kita akan semakin mudah untuk mendapatkan bola.

Kamu juga bisa menggunakan bantuan kaki, buka kaki dengan lebar agar tidak ada celah untuk pemain lawan masuk dalam area pantulan bola.

Kamu juga bisa memaksa lawan mundur ke belakang dengan cara menempelkan badan ke lawan dan dorong menjauh dari area pantulan bola.

Gapai Bola dengan Cepat

Ketika melihat bola dari hasil shooting tidak masuk dan kamu sudah memastikan pemain lawan kesulitan menggapai bola maka lakukan rebound atau menggapai bola dengan cepat.

Meloncatlah setinggi mungkin agar lebih cepat dalam menggapai bola, apabila lawan sudah lebih dulu melompat tetap lakukan setidaknya mempersulit pemain lawan.

Sebisa mungkin dapatkan bola dan segera amankan.

Tahan dan Amankan Bola

Ketika kamu sudah mendapatkan bola dan tidak dalam posisi bagus untuk melakukan passing maupun shooting maka langkah terbaik adalah mengamankan bola.

Kamu bisa menarik bola ke area depan dada atau perut, tentunya dengan kedua tangan agar bola tidak mudah direbut oleh lawan.

Passing Bola

Ketika mendapatkan bola hasil rebound dan ada pemain dalam posisi kosong siap menerima bola maka lebih baik melakukan passing, dengan begitu aliran bola semakin cepat.

Tim kamu bisa melakukan serangan balik apabila mendapatkan bola dari defensive rebound.

Dan ketika mendapatkan bola dari offensive rebound kamu bisa memberi umpan kepada rekan yang siap melakukan shooting.

Shooting Bola

Apabila kamu memenangkan offensive rebound dan memungkinkan mencetak angka maka lakukanlah shooting.

Itu lebih baik dibandingkan melakukan passing maupun menahan atau mengamankan bola, dengan tambahan point tim kamu bisa memenangkan pertandingan.

Macam-macam Rebound Bola Basket

Macam-macam Rebound Bola Basket

Ada 2 macam rebound, untuk lebih jelasnya silahkan kalian cermati dibawah ini.

Defensive Rebound

Defensive rebound adalah teknik menggapai bola di area pertahanan kita sendiri, teknik tersebut digunakan untuk mengamankan bola agar tidak dikuasai lawan.

Selain itu juga bisa untuk melakukan serangan balik jika ada pemain tim kita maju kedepan dan kita gunakan passing teknik baseball pass.

Langkah-langkahnya:

  1. Box out defender yang berjaga di sekitar ring
  2. Arahkan pandangan ke ring dan fokus untuk menangkap bola
  3. Ketika mendapatkan bola, bersiap untuk mengumpan bola ke rekan satu tim lainnya

Offensive Rebound

Offensive rebound adalah teknik menggapai bola di area pertahanan lawan, apabila teknik tersebut kamu lakukan dengan baik akan mendapatkan bola dan bisa melakukan shooting.

Langkah-langkahnya:

  1. Untuk bisa mendapatkan bola, lepaskan diri dari box out defender lawan dengan bergerak spin move dibelakang tubuh defender
  2. Bisa juga dengan gerakan mengecoh seperti lakukan gerakan tipuan dengan seolah-olah bergerak ke arah yang berlawanan
  3. Tangkap bola dan segera masukkan ke ring

Latihan Rebound Basket

Latihan Rebound Basket

Untuk latihan kamu bisa menutup ring agar bola tidak bisa masuk dan hasil dari pantulan shot bisa kamu buat untuk melatih menggapai bolanya.

Lakukan dengan terus menerus agar kamu terbiasa melakukan teknik tersebut dan hal itu akan membantumu dalam bermain bola basket.

Kamu juga bisa latihan dengan cara menyentuh ring berkali-kali, dengan begitu maka teknik lompat mu akan semakin terasah dan akan semakin mudah dalam melakukan rebound.

Untuk box out kamu bisa melatihnya ketika bermain langsung dengan para temanmu, lakukan dengan serius seakan kompetisi resmi.

Untuk latihan kamu juga bisa belajar dari video dibawah ini.

Istilah dalam Rebound

Istilah dalam Rebound

Ada 5 istilah yang sering digunakan, inilah istilah yang sering digunakan dari timing hingga box out beserta penjelasannya.

Timing

Timing adalah penempatan waktu untuk kita melompat menggapai bola, dengan timing yang baik maka lompatanmu akan sempurna dan lebih mudah untuk menggapai bola liar.

Positioning

Positioning adalah posisi tubuh ketika siap memperebutkan bola, dengan positioning yang baik maka membantu kamu dalam mengambil bola liar.

Putback

Putback adalah trik offensive rebound yang ketika mendapatkan bola langsung menceploskannya kembali ke ring tanpa dribble.

Dalam putback ada putback slam dunk dan putback lay up.

Jika putback slam dunk maka pemain memasukkan bola dengan cara menuntun bola hingga masuk ke ring basket.

Jika putback lay up maka pemain akan melempar bola dari bawah ke atas dengan cara diayun untuk bisa menjadi gol.

Tip In

Tip in hampir sama dengan putback namun teknik ini hanya menggunakan jari-jarinya untuk menerima bola dan langsung memasukkannya ke ring lawan.

Box Out

Box out adalah teknik menjauhkan lawan dari area datangnya bola liar, box out boleh melebarkan tangan dan kakinya untuk menghalau pemain lawan.

Manfaat Rebound Basket

Manfaat Rebound Basket

Manfaat teknik tersebut dalam bola basket adalah menguasai bola liar hasil pantulan dari shooting yang tidak masuk ke ring.

Dengan menguasai bola tersebut kita bisa mencetak point dan dengan point yang banyak kita bisa memenangkan pertandingan.

Itulah manfaat utamanya.

Hal-hal Penting dalam Rebound

Hal-hal Penting dalam Rebound

Mengejar Bola

Sebagai pemain rebound yang baik adalah dengan cara mengejar bola bukan menunggu bola, dengan menunggu bola maka kesempatan untuk pemain lawan merebutnya terbuka lebar.

Diperlukan timing yang bagus untuk mendapatkan bola liar dari shooting oleh karena itu berlatihlah agar kamu tau timing yang bagus seperti apa ketika mau melakukan rebound.

Keseimbangan Tubuh

Dalam melakukan rebound maka diperlukan keseimbangan tubuh yang baik, dengan keseimbangan tubuh yang maka akan semakin mudah untuk mendapatkan bola liar tersebut.

Dengan keseimbangan tubuh yang baik juga diperlukan agar terhindar dari cedera ketika melakukan loncatan.

Bermental Kuat

Selain memiliki tubuh yang besar dan tinggi, ada yang juga diperlukan yaitu mental yang kuat.

Para pemain yang melakukan rebound harus berani beradu dengan pemain lawan dan itu butuh mental yang kuat agar bisa menang dan meraih bola liar tersebut.

Pemilihan Keputusan yang Tepat

Ketika mendapatkan bola hasil rebound banyak pilihan yang bisa kamu lakukan.

Kamu bisa menahan bola di depan perut maupun depan dada, dengan begitu lawan akan kesulitan untuk merebut bolanya.

Selain itu kamu juga bisa melakukan passing apabila memungkinkan, jika ada rekan satu timmu yang maju kedepan ketika kamu mendapatkan bola di area sendiri maka kamu bisa lakukan passing.

Kamu bisa melakukan baseball pass agar passing mendarat dengan cepat ke rekan satu tim mu karena ketika serangan balik dibutuhkan waktu yang cepat agar bisa mencetak angka.

Ada pilihan untuk shooting juga apabila memungkinkan, ketika offensive rebound maka shooting menjadi pilihan yang baik, kamu bisa lakukan put back atau tip in.

Pemain Rebound Terbaik NBA

Pemain Rebound Terbaik NBA

Untuk pemain NBA hingga kini masih dikuasai oleh Rudy Gobert.

Permainannya yang gemilang dan di dukung badan tinggi besar membuat dirinya ahli dalam teknik tersebut.

Padahal dalam NBA, persaingan untuk menjadi yang terbaik sangatlah ketat, namun karena kehebatannya dia cukup menonjol dibanding pemain lainnya.

Pemain Rebound Terbaik Indonesia

Pemain Rebound Terbaik Indonesia

Untuk pemain Indonesia jelas tidak diragukan lagi adalah Galank Gunawan.

Tubuhnya yang besar dan tinggi dibandingkan pemain basket Indonesia lainnya membuat dirinya cukup terbantu ketika melakukan teknik tersebut.

Tidak hanya itu, dirinya juga pintar dalam timing dan positioning.


Nah pertanyaan rebound adalah dan bagaimana langkah-langkahnya sudah terjawab kan? apabila ada yang ingin disampaikan kamu bisa berkomentar.

Terima kasih.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *